Sejarah Singkat Pemberontakan Andi Azis

Sejarah Singkat Pemberontakan Andi Azis

Sejarah Singkat Pemberontakan Andi Azis - Andi Azis adalah seorang Letnan KNIL dan sudah masuk TNI dengan pangkat Kapten.Ia menyandang gelar pemberontak akibat perjuangannya untuk mempertahankan eksistensi Negara Indonesia Timur.

Faktor yang menyebabkan pemberontakan :
  • Menuntut agar pasukan KNIL saja yang bertanggung jawab atas keamanan di Negara Indonesia Timur
  • Mempertahankan tetap berdirinya Negara Indonesia Timur
  • Menentang masuknya pasukan APRIS dari TNI
  • Kapten Andi Azis termakan hasutan Mr. Dr. Soumokil yang menginginkan tetap dipertahankannya Negara Indonesia Timur (NIT)
Sejarah Singkat Pemberontakan Andi Azis
Kapten Andi Azis mempunyai pertimbangan lain.Ia khawatir akan tindakan membabi buta dari Dr. Soumokil yang dapat mengakibatkan pertumpahan darah diantara saudara sebangsa.Pemberontakan yang dipimpin olehnya berjalan lancar tanpa merenggut korban jiwa, justru menahan TNI.Ia dan pasukannya menyerang lapangan terbang, kantor telkom, dan pos-pos militer TNI.
Karena tindakan Andi Azis tersebut maka pemerintah pusat bertindak tegas pada tanggal 8 April 1950 dikeluarkan ultimatum bahwa dalam waktu 4 x 24 jam Andi Azis harus melaporkan diri ke Jakarta untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, pasukannya harus dikonsinyasi, senjata-senjata dikembalikan, dan semua tawanan harus dilepaskan.
Pada tanggal 26 April 1950 dengan kekuatan dua brigade dan satu batalion di antaranya adalah Brigade Mataram yang dipimpin oleh Letnan Kolonel Suharto.Kapten Andi Azis dihadapkan ke Pengadilan Militer di Yogyakarta untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya dan dijatuhi hukuman 15 tahun penjara.

Sekian postingan saya tentang Sejarah Singkat Pemberontakan Andi Azis.Semoga Bermanfaat.

Sumber :
LKS Sejarah Indonesia MGMP Semarang Kelas XII Kurikulum 2013
Gambar :
mkssej6.blogspot.com
www.emaze.com

0 Response to "Sejarah Singkat Pemberontakan Andi Azis"

Post a Comment

Komentar Anda Membuat Kami Menjadi Lebih Baik :)