Laporan Praktikum Es Puter (Kimia)

Laporan Praktikum Es Puter (Kimia)
  
Laporan Praktikum Es Puter (Kimia) - Hai sobat, kali ini MbahDegan akan membagikan sesuatu yang berguna untuk kalian yang ingin membuat laporan, setelah kalian melakukan sebuah praktikum kimia membuat es puter, kalian disuruh untuk membuat laporan, contoh laporan di bawah dapat dijadikan referensi buat kalian agar mempermudah membuat laporan.

Laporan Praktikum Es Puter (Kimia)

A.    JUDUL : Membuat Es Krim Sederhana Dengan Cara Kimia
 

B.    TUJUAN : Untuk dapat mengetahui dan memahami cara pembuatan es krim dengan mudah
 

C.    LATAR BELAKANG : 

Sifat koligatif larutan adalah sifat-sifat larutan yang tidak bergantung pada jenis zat terlarut, tetapi hanya bergantung pada konsentrasi partikel terlarutnya. Sifat koligatif larutan di pengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu 1) penurunan tekanan uap jenuh 2) kenaikan titik didih 3) penurunan titik beku 4) tekanan osmosis.Salah satu penerapan sifat koligatif adalah dalam pembuatan es krim. Dalam hal ini, yang kami lakukan adalah pembuatan secara manual yaitu menggunakan media yang sederhana dengan cara yang sederhana.Selain itu, pembuatan es krim ini dapat menambah pengetahuan dan menjadikan kita kreatif dan dapat menjadi prospek masa depan untuk menambah penghasilan
 

D.    LANDASAN TEORI : 

Es krim adalah sebuah makanan beku dibuat dari produk susu seperti krim (atau sejenisnya), digabungkan dengan perasa dan pemanis.
Sifat koligatif larutan adalah sifat larutan yang tidak bergantung pada jenis zat terlarut tetapi hanya bergantung pada konsentrasi partikel zat terlarutnya
Titik beku larutan adalah temperatur pada saat kristal pertama dari pelarut murni mulai terbentuk dalam keseimbangan dengan larutan

E.    ALAT DAN BAHAN :
 
  • 4 gelas susu cokelat
  • 1 kaleng susu kental manis cokelat
  • 2 sendok makan tepung maizena
  • 2 sendok makan gula pasir
  • 2 butir putih telur
  • 1 sendok teh vanili
  • Garam rosok secukupnya
  • Panci
  • 2 Kaleng (besar dan sedang)
  • Kompor
  • Es Batu secukupnya

F.    CARA KERJA :

  1. Pertama-tama campur dan aduk semua bahan susu dan air sambil dipanaskan diatas api kecil.
  2. Kemudian cairkan tepung maizena dan campurkan dengan adonan diatas.
  3. Setelah itu sambil tetap mengaduk, angkat adonan dari atas api, campurkan dengan gula, putih telur dan vanili, lalu aduk terus sampai adonan berwarna putih.
  4. Rebus adonan sambil terus diaduk-aduk hingga mendidih.
  5. Angkat adonan dari atas api sambil terus diaduk hingga dingin agar adonan tidak    menggumpal.
  6. Letakkan adonan di dalam kaleng yang sedang
  7. Letakkan es batu dan garam ke dalam kaleng yang besar
  8. Letakkan kaleng yang sedang di tengah kaleng yang besar yang dikelilingi es batu
  9. Tutup kaleng yang sedang dengan penutup, dan putar-putar kaleng tersebut
  10. Putar kaleng tersebut hingga adonannya menjadi es krim
G.    HASIL PENGAMATAN

Beberapa saat diputar, terlihat gumpalan es-es kecil terlihat di bagian luar kaleng, dan es mulai mencair dan menyatu dengan garam. Ketika es di campur dengan garam, sebagian membentuk air garam dan es secara spontan terlarut dalam air garam, akibatnya air garam semakin banyak. temperatur yang di perlukan adalah minus tiga derajat celsius atau lebih rendah.
Di dalam segumpal es, molekul molekul air terstruktur membentuk tatan geometrik yg tertentu dan kaku. Tatanan kaku ini rusak ketika di serang oleh garam, maka molekul molekul air selanjutnya bebas bergerak kemana mana dalam wujud cair. Tetapi merusak sturktur pada molekul molekul es memerlukan energi, sama seperti yang di perlukan untuk meruntuhkannya sebuah bangunan. Untuk sebongkahan es yg hanya kontak dengan garam dan air, energi itu hanya dapat di peroleh kandungan panas dalam air garam.
Maka, menurunkan temperaturnya, Setelah temperatur dingin ini tercapai dalam pemanfaatan campuran itu mendapatkan panas pengganti dari adonan es krim.
 

H.    KESIMPULAN 

Dalam pembuatan es krim terdapat keterkaitannya dengan sifat kalogatif larutan, dan dalam pembuatan es krim dapat menggunakan alat dan bahan yang sederhana, dan kualitas dan rasa es krim dipengaruhi oleh bahan dan lama pemutaran kaleng
 

I.    SARAN 

Dalam pembuatan es krim, harus diperhatikan kualitas alat dan bahan.Tidak perlu membeli alat/mesin pembuatan es krim, karena kita pun dapat merancangnya dengan sangat sederhana. Waktu dan tenaga yang dibutuhkan juga tidak banyak. Dan yang terpenting, menghemat pengeluaran dan dapat menambah keterampilan.

Sekian postingan saya tentang Laporan Praktikum Es Puter (Kimia).Semoga Bermanfaat.

0 Response to "Laporan Praktikum Es Puter (Kimia)"

Post a Comment

Komentar Anda Membuat Kami Menjadi Lebih Baik :)